Perhatikan Pola Pemakaian Gadget Anda Untuk Kesehatan

efek gadget

Bergadget ria, pada dewasa ini seolah menjadi trend bagi siapapun. Bahkan bukan hanya para kaum dewasa pun, tetapi kelihatan sudah masuk ke semua ketegori umur. Coba kalau kita perhatikan disekeliling kita. Baik di mall maupun saat bersantai di sebuah cafe atau resto. Semua pada duduk di sekitar meja tetapi pada asyik sendiri bergadget ria.

Tetapi sadarkah anda bahwa semua hal tersebut berubah menjadi suatu keasyikan tersendiri. Dan karena keasyikan maka orang-orang mulai ketagihan menggunakan gadget ini. Baik untuk membuka sosial media ataupun sekedar chatting ataupun browsing berbagai macam hal.

Dan tanpa disadari jam demijam dihabiskan dengan terus menerus menggunakan gadget. Memang 1 jam terasa 1 menit. Begitu kira-kira waktu yang terlewati hanya karena saat mengakses dunia maya melalui gadget.

Tetapi ada satu hal yang perlu diketahui bahwa efek dari melakukan aktifitas ini yang jika tidak dikontrol sebaik mungkin adalah efek negatif terhadap kesehatan.

Kesehatan tentu merupakan hal yang mutlak sangat penting dan tidak bisa ditawar lagi. Tetapi efek dari gadget yang dilakukan selama terus menerus akan membuat dampak negatif terhadap kesehatan.

Yang pertama sekali adalah tentu saja mata Anda akan menjadi lelah. Dan kelelahan pada mata seringkali tidak dirasakan lagi karena pikiran sedang terfokus pada acara keasyikan tersendiri dengan gadget tersebut.

Dan efek negatifnya tentu saja memang tidak langsung terjadi. Tetapi lambat laun mata akan menjadi semakin kelelahan dan berefek negatif pada kesehatan mata. Yang penderita minus bahkan bisa mengalami ukuran minus yang lebih parah dalam waktu yang cepat.

Hal ini terjadi karena efek radiasi dari layar HP anda. Radiasi yang keras apalagi settingan pencahayaan dari HP anda tidak diatur secara benar. Akhirnya sinar biru yang memancar dari HP akan membuat mata serasa panas. Oleh karena itu perlu diperhatikan. Setiap 2 jam hentikan dan istirahatkan mata anda 1 jam. Agar tidak mengalami efek panas dari pencahayaan layar ponsel Anda. Dan jika memang sudah terlalu lelah mata. Ada baiknya Anda mengompress mata dengan air dingin.

Jadi mulai perhatikan mata Anda ya. Karena efek negatifnya bukan saja membuat mata lelah saja, tetapi salah-salah pembuluh darah mata bisa pecah dan mengalami peradangan. Soooo. … Jaga kesehatan lebih baik dari mengobati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *