9 Tips agar Berfungsi Lebih Baik Saat Anda Lelah

Anda dapat memiliki kamar tidur yang paling nyaman dan tenang, tetapi Anda masih terbangun dan pusing karena sakit atau sesuatu di pikiran Anda. Anda dapat menghindari stimulan dan mulai bersantai di awal malam, dan masih terbangun dengan suara sirene yang membara pada pukul 2 pagi.

Kadang-kadang rencana yang paling baik dapat berantakan ketika Anda tidak bisa menghilangkan kacang itu dari bawah kasur Anda. Ini akan terjadi pada kesempatan — semoga lebih jarang daripada tidak, tetapi dari waktu ke waktu yang terbaik.

Bagaimana Anda bisa berfungsi ketika tidak mungkin untuk menelepon dalam keadaan sakit dan lelah untuk hidup? Bagaimana Anda bisa berhasil melewati hari kerja dengan kerusakan minimal pada kesehatan, suasana hati, hubungan, dan pekerjaan Anda?

Saya memiliki beberapa ide, tetapi pertama-tama, demi kepentingan pengungkapan penuh: Saya memiliki lebih banyak fleksibilitas daripada rata-rata orang, karena saya bekerja dari rumah dan membuat jadwal sendiri. Semoga ide-ide ini mewakili campuran yang seimbang untuk orang-orang yang memiliki fleksibilitas dan orang-orang yang tidak:

1. Lindungi kesehatan Anda.
Ketika Anda tidak cukup tidur, Anda membahayakan sistem kekebalan Anda. Satu hal yang saya suka lakukan ketika saya sangat lelah adalah meningkatkan asupan makanan yang memiliki efek sebaliknya. Produk berwarna gelap, seperti brokoli dan berry yang tinggi antioksidan adalah pilihan yang bagus.

2. Carpool atau naik bus.
Jika Anda lelah, ada kemungkinan Anda terlambat bekerja. Itu mungkin membuatnya tidak nyaman untuk menggunakan transportasi umum — tetapi lebih baik untuk menyelinap melewati pintu kantor bos Anda pada pukul 9:30 atau 10:00 daripada tertidur di belakang kemudi.

3. Panas matahari.
Lima belas menit di bawah sinar matahari dapat meningkatkan kadar vitamin D Anda. Vitamin, bersama dengan B, bertanggung jawab untuk melawan kelelahan. Orang dengan kekurangan sering mengalami kelelahan, kemurungan, sakit, dan stres. Sementara sedikit sinar matahari tambahan tidak dapat menggantikan manfaat dari tidur yang konsisten, perendaman dalam sinar dapat membuat Anda sedikit bersemangat.

4. Makan beberapa makanan kecil, bukan yang besar dan berat.
Pernah perhatikan bagaimana makanan besar dan berat membuat Anda ingin meringkuk dalam posisi janin dan memeriksa selama satu jam atau lebih? Memberi makan Anda membantu mengatur gula darah dan juga membantu meningkatkan energi Anda sepanjang hari.

Juga, hindari olahan, makanan berlemak, manisan, atau makanan dengan karbohidrat putih olahan. Mereka tidak mengandung cukup nutrisi dan mudah dicerna dan diserap, yang berarti Anda akan merasa berenergi pada awalnya dan lamban tak lama setelahnya. Anda sudah lelah — mengapa menambahkan bahan bakar ke api?

5. Hindari kafein.
Jika Anda minum banyak kafein, respons tubuh Anda terhadapnya akan berubah. Anda dapat minum lebih dari delapan cangkir dan masih merasa lesu — tetapi itu tidak berarti Anda tidak akan mengalami sakit kepala, iritasi, dehidrasi, dan sejumlah efek samping lain yang datang dengan kafein berlebih.

Sebagai gantinya, cobalah meningkatkan energi makanan, seperti almond, jeruk, salmon, bayam, atau blueberry.

6. Luangkan waktu di bawah cahaya terang.
Peneliti tidur menyarankan ini akan membantu Anda merasa lebih waspada. Dalam sebuah studi tahun 2007 tentang wanita dengan kanker payudara, peningkatan paparan cahaya terang selama kemoterapi mengakibatkan lebih sedikit kelelahan dan tidur yang lebih baik.

7. Tahan dorongan untuk menyalurkan rasa ingin tahu Anda.
Anda mungkin merasa cenderung untuk berkonfrontasi dengan seseorang yang menyalahkan Anda ketika Anda lelah. Setiap kali Anda merasakan sesuatu yang tidak nyaman, itu tergoda untuk menyalurkannya di suatu tempat — untuk mengambil perasaan dan melakukan sesuatu dengannya. Lawan dorongan itu. Anda tidak berpikir cukup jelas untuk memiliki percakapan yang produktif, dan kemungkinan besar Anda akan mengatakan sesuatu yang Anda sesali.

8. Bersikap lembutlah terhadap diri sendiri.
Ketika Anda lelah, terlalu mudah menjadi mudah marah dan murung. Anda bahkan mungkin memiliki kerusakan mini. Ketahuilah bahwa ini normal, tetapi rencanakan untuk melawannya. Hindari orang atau situasi yang memicu kemarahan atau frustrasi. Gunakan teknik relaksasi pernapasan saat Anda merasa gelisah. Apapun untuk menenangkan saraf Anda.

9. Tidurlah jika Anda bisa.
Jika Anda tidak memiliki tempat tidur gantung atau tempat tidur kanopi di dekat meja Anda, ini mungkin bukan pilihan.  Namun, jika Anda bisa tidur siang, panjang yang tepat sangat penting. Jika Anda tidur terlalu lama atau terlalu lama, itu akan merugikan Anda. Para ahli menyarankan 20 menit adalah ideal, karena biasanya membutuhkan 10 menit untuk tertidur dan 10 untuk tidur yang ringan dan nyenyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *