Yang Perlu Diperhatikan dalam Memasang Sakelar Otomatis pada Tangki Air

Memasang sakelar otomatis pada tangki air berfungsi sebagai pengontrol pompa air sehingga pompa air tahu kapan harus mengisi tangki ketika tangki dalam keadaan kosong dan akan berhenti jika air di dalam tangki sudah penuh. Dengan begitu listrik bisa menjadi hemat karena tidak menyala-mati-menyala berkali-kali dan tentu saja hemat air karena pengisian air tidak akan meluber hingga ke luar tangki. Selain itu memasang sakelar otomatis juga bisa membuat pompa air bertahan lebih awet karena tidak bekerja terlalu sering.

Yang Perlu Diperhatikan dalam Memasang Sakelar Otomatis pada Tangki AirMemasang pelampung dan sakelar otomatis hanya memerlukan sebuah pompa air, sakelar, dua buah pelampung dan tali untuk mengikat. Memasang sakelar otomatis bisa dilakukan sendiri dengan melubangi bagian tangki dekat lubang tempat masuknya air kemudian mengikat pelampung di dalamnya sebagai batas ketinggian maksimal air. Kemudian pasang juga pelampung di bagian bawah tangki sebagai batas minimal air yang kemudian dihubungkan dengan pelampung yang ada di bagian atas. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memasang sakelar otomatis pada tangki air antara lain:

  • Pada saat memasang tali untuk pengikat pelampung di tangki, semua tali harus tegang oleh beban masing-masing pelampung.
  • Pelampung yang dipasang di bagian bawah tangki tidak boleh sampai menyentuh dasar tangki karena jika pelampung menyentuh bagian dasar tangki bisa membuat mesin pompa tidak menyala karena tuas sakelar tidak bisa ditarik oleh beban yang akan membuat sakelar menyala.
  • Gunakan tali yang terbuat dari bahan tang yang tahan air untuk mengikat pelampung karena jika menggunakan tali bawaan yang di dapat dari membeli sakelar akan cepat rapuh dan mudah putus sehingga tidak bisa bertahan lama di dalam air.
 Artikel lainnya:
 Tips Puasa Sehat dan Berkah
 Tangki Panel FRP

Nantinya ketika tangki dalam keadaan kosong maka kedua pelampung yang tergantung di dalam tangki akan menarik tuas sakelar sehingga pompa air menyala dan segera mendistribusikan air ke dalam tangki. Ketika pelampung yang berada di bawah terapung sampai setinggi batas ketinggian air maka pompa akan otomatis berhenti karena tuas sakelar terangkat dan begitulah cara kerja sakelar otomatis yang di pasang pada tangki air dan bisa di aplikasikan pada tangki yang ada di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *