Enaknya Streetfood Aceh, Bikin Nagih

Aceh, wilayah khusus di ujung barat laut pulau Sumatra Indonesia, biasanya diakui sebagai berikut: tsunami, hukum syariah, masjid, penyelaman yang luar biasa di pulau Weh dan kopi Gayo. Namun, Anda mungkin tidak menyadari hal itu, permata daerah ini juga merupakan rumah bagi beragam kuliner yang kaya rasa dan bercitarasa bibir. Setelah Anda melangkah di Aceh, jangan lupa untuk mencoba 11 makanan lokal yang luar biasa ini dan nikmati perpaduan rasa gurih, pedas, dan manis di mulut Anda.

1. Sie Kameng
Sie Kameng, yang dikenal sebagai Gulai Kambing (dalam bahasa Indonesia) atau kari daging kambing, memiliki rasa dan keasinan yang sangat khas. Dibandingkan dengan hidangan kari khas lainnya di Asia, saus berwarna cerah di Aceh yang top-rated ini menonjolkan tekstur daging domba (atau daging kambing). Selain itu, proses memasak yang unik menggunakan kuali di atas api besar dan bumbu seperti adas bintang dan daun temurui adalah apa yang membuat hidangan ini begitu spektakuler.

2. Mie Aceh
Keinginan untuk mie tradisional? Jangan lewatkan menyeruput Mie Aceh yang lezat. Mie kuning tebal sangat cocok dengan kaldu sapi yang kaya, irisan domba dan tauge. Ada dua cara menyajikannya – goreng atau pekat. Rasa yang kuat berasal dari bumbu kunyit, kardamon, jinten, dan merica. Hidangan ini selalu ditemani dengan bawang goreng, kerupuk udang, jeruk nipis dan irisan mentimun.

3. Sate Matang
Aceh juga memiliki versi sendiri dari kebab atau daging panggang di tusuk sate. Di beberapa bagian Asia, ini disebut sebagai sate, tetapi di Aceh, penduduk setempat menyebutnya sate matang. Daging kambing yang dipotong direndam dengan banyak bumbu seperti ketumbar, kacang kemiri, dan serai. Kemudian dipanggang di atas arang yang terbakar. Untuk menikmati hidangan ini, celupkan saus manis yang terbuat dari kacang, bawang putih, daun salam, kayu manis, santan, kecap, dan cabai kering.

4. Roti Jala dan Kari Ayam
Roti Jala dan Kari Ayam bagaikan teman yang tak terpisahkan. Roti Jala adalah jenis pancake berbentuk jaring yang terbuat dari tepung dan santan. Di sisi lain, Kari Ayam, atau kari ayam Aceh, memiliki tekstur yang sangat tebal dan warna jeruk keprok yang cerah. Ayam itu direbus dengan bumbu berlimpah seperti adas bintang, kapulaga, kayu manis, daun kari dan lengkuas, rimpang jeruk dari keluarga jahe.

5. Ayam Tangkap Aceh
Jika Anda tidak bisa pergi tanpa makan ayam di mana pun Anda pergi, Ayam Tangkap yang lezat (ayam yang ditangkap) akan menjadi hidangan yang harus Anda coba setidaknya sekali. Ayam goreng lokal disajikan secara unik dengan aromatik, sayuran goreng seperti kari dan daun pandan. Ayam potong dadu dimasak dengan kunyit, bawang merah, jahe, bawang putih dan air asam, kemudian digoreng sampai renyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *