Manfaat Pemanasan Sebelum Bermain Sepakbola

pemanasan main bola

Pertandingan sepakbola adalah jenis olahraga yang dimainkan dalam waktu yang cukup panjang, minimal 90 menit. Oleh karena itu, pemain dituntut memiliki stamina yang prima. Dengan mengetahui jadwal bola hari ini, latihan harus dilakukan semaksimal mungkin. Tujuan utama treatment ini adalah untuk menerapkan strategi yang telah disusun oleh pelatih supaya pemain dapat beradaptasi. Selain itu, untuk menilai kesiapan dan menentukan formasi yang akan dimainkan. Namun sebelum memulai pelatihan, diwajibkan melakukan pemanasan berupa lari, skot jump, ataupun kombinasi keduanya.

Latihan secara rutin sebelum bertanding memang harus dilakukan. Beberapa klub internasional malah memiliki jadwal yang cukup padat dengan waktu jeda minim. Hal ini tidak berarti pemain terbebas dari pelatihan karena bisa berdampak pada stamina yang dimiliki. Adapun pola yang sering dilakukan adalah pemanasan, inti, dan pendinginan. Tujuan dari pemanasan sangat vital supaya ketika bermain, semua kondisi tim sudah prima. Adapun kegunaan dari aktivitas tersebut adalah:

1. Menghindari cidera
Sepakbola termasuk dalam olahraga berat yang bisa mengakibatkan cidera dan kerusakan pada tulang jika terjadi kecelakaan selama bertanding. Dengan melakukan pemanasan, maka kondisi otot dan sendi akan lentur. Hal ini akan memudahkan pemain dalam berlari dan menendang. Aktivitas yang sering dilakukan adalah lari berkeliling lapangan selama beberapa putaran. Bila langsung melakukan inti, dikhawatirkan kondisi otot akan tegang dan jika sampai mengalami cidera maka pemain tidak akan diturunkan. Pembengkakan yang terjadi membutuhkan waktu pemulihan yang bervariasi bergantung cidera yang diderita.

2. Meningkatkan suhu tubuh
Ketika bertanding, asupan oksigen dalam darah harus lancar supaya otot dapat bekerja maksimal. Kondisi ini didapatkan melalui pemanasan sebelum bermain. Bila kondisi badan fit, maka energi yang dihasilkan akan sangat besar. Hal ini mempengaruhi kondisi fisik supaya tidak cepat down selama menjalani 2 babak. Jenis stretching yang dilakukan intensitasnya bergantung kebijakan pelatih. Tidak perlu lama-lama karena fungsinya untuk meregangkan otot supaya tidak kaku.

3. Meningkatkan detak jantung
Salah satu organ tubuh yang sangat vital kerjanya adalah jantung. Aliran darah ke otot harus tercukupi dan inilah yang membuat detak jantung semakin cepat agar bisa memompa dengan maksimal. Melalui pemanasan, kerja jantung akan lebih ringan sebab peningkatan berlangsung secara bertahap. Dengan begitu dapat dipastikan asupan darah untuk otot akan terpenuhi. Hal ini akan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki pemain selama bertanding di lapangan.

Untuk bisa mendukung tim favorit, pastikan selalu update mengenai jadwal bola hari ini. Berlatih permainan bola harus sesuai prosedur dengan didahului pemanasan. Tujuan stretching adalah untuk memaksimalkan kerja otot dan menghindari cidera. Jika semua bagian tubuh kondisinya fit, maka pemain bisa terjaga tenaganya hingga akhir pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *