AirNav Dukung Balon Udara Tradisional Jadi Peluang Ekonomi

AirNav Dukung Balon Udara Tradisional Jadi Peluang Ekonomi

Pe r u s a h a a n U m u m L e m b a g a Penyelenggara Pelayanan Navigasi P e n e r b a ng a n In d o n e sia (P e r um LPPNPI) atau AirNav Indonesia menyatakan siap mendorong transformasi penerbangan balon udara tradisional dari yang semula ancaman menjadi peluang ekonomi yang dapat berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dukungan tersebut disampaikan oleh Manager Hubungan Masyarakat AirNav Indonesia, Yohanes Sirait, saat menjadi n a r a s u m b e r d a la m a c a r a s o s i a li s a s i penerbangan balon udara yang aman bagi keselamatan penerbangan, Selasa (5/12) dan Rabu (6/12) di Pekalongan.

“Balon udara tradisional memiliki potensi ekonomi yang luar biasa jika kita gali bersama. Berdasarkan hasil kajian yang kami lakukan, belum ada satupun negara di dunia ini yang memiliki festival penerbangan balon udara tradisional dengan menggunakan bahanbahan tradisional. Kami bersama stakeholder penerbangan lain siap menginisiasi event dengan dukungan dari seluruh masyarakat, termasuk Pekalongan,” tutur Yohanes. Menurut Yohanes, sejauh ini balon udara tradisional masih dinilai sebagai ancaman bagi penerbangan. Data pada angkutan Lebaran 2017 menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan, dari 14 laporan gangguan balon udara pada 2016 melonjak menjadi 63 laporan hingga Juli 2017, atau naik 450%. “Pilot yang melihat balon udara di ketinggian 0–15.000 kaki ada 17 laporan, di ketinggian 15.000–25.000 kaki ada 8 laporan, dan di atas ketinggian 25.000 kaki ada 20 laporan. Perlu diketahui bahwa ketinggian di atas 25.000 kaki adalah area ACC control di mana terdapat banyak sekali penerbangan internasional,” paparnya.

Nah apabila rencana ini benar benar terlaksana tentu sektor pariwisata Indonesia akan semakin bergeliat. Dan ekonomi di daerah tertentu akan semakin bertumbuh sehingga pendapatan masyarakat akan meningkat dan semakin mengentaskan pengangguran di daerah tersebut. Tantangannya adalah mencari lokasi untuk penerbangan balon udara yang tidak mengganggu penerbangan komersial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *